5 Orang Tewas setelah Polisi India Saling Tembak

By Nad

nusakini.com - Internasional - Paling tidak lima polisi di India tewas setelah kepolisian dari dua negara bagian saling menembak satu sama lain.

Peristiwa tidak biasa ini terjadi di perbatasan antara negara bagian Assam dan Mizoram di bagian timur laut India. Pihak otoritas dari kedua belah pihak, termasuk kepala menteri, menuduh satu sama lain yang memulai provokasi kekerasan.

Insiden penembakan ini terjadi setelah ketegangan berbulan-bulan antara kedua negara bagian mengenai perdebatan perbatasan. Assam berbagi sekitar 164km perbatasan dengan Mizoram, keduanya mengkontestasi demarkasi tersebut.

Kedua pihak sebelumnya sering bertengkar mengenai masalah ini, terkadang menggunakan kekerasan. Namun ini adalah kali perrama kepolisian dari masing-masing negara bagian saling menembak dalam konfrontasi langsung. Polisi yang tewas berasal dari negara bagian Assam.

Pemerintah federal sebelumnya sudah berusaha melakukan mediasi perdamaian antara kedua negara bagian sejak tahun 1994, namun masih belum berhasil untuk mencapai kesepakatan.

Pada hari Senin, dikabarkan bahwa Menteri Urusan Dalam Negeri India, Amit Shah, berdiskusi dengan menteri-menteri dari Assam dan Mizoram, Himanta Biswa Sarma dan Zoramthanga. Shah mendesak keduanya untuk menerapkan perdamaian di perbatasan yang disengketa setelah mereka menemukan solusi.